World Wide Web Dijadikan Protokol Bebas

world wide web

Hari ini, 30 April tahun 1993, protokol World Wide Web atau lebih dikenal sebagai www dijadikan protokol bebas oleh CERN (Conseil Européene pour la Recherche Nucléaire) sebuah organisasi di Eropa yang meriset mengenai nuklir dimana Sir Tim Benners sang penemu protokol ini yang saat itu merupakan rekanan peneliti di organisasi yang berbasis di Swiss tersebut.

Pada tahun 1980, Pria bernama lengkap Timothy John Berners-Lee, atau populer dengan nama keren TimBL, memiliki sebuah project yang dia sebut Enquire yang merupakan sebuah program hiperteks sederhana. Program ini awalnya dibuat untuk kepentingan pribadi (personal use) dan tidak untuk umum yakni untuk menyimpan semua file – file yang dikerjakannya, itu mungkin menjadi alasan kenapa program ini tidak begitu populer, tak lama kemudian project ini dihentikan dan Tim pun meninggalkan CERN.

Pada 1984, TimBL kembali ke CERN dengan ide untuk mengembangkan sebuah program piranti lunak baru, ide ini berbasis dari project ENQUIRE yang sempat terbengkalai tadi namun dengan sejumlah penyempurnaan pastinya.

Pertengahan dekade 80an, perkembangan dunia teknologi informasi sedang tumbuh dengan pesat, dunia seakan belajar dan menemukan banyak hal serta ide baru yang kemudian dikembangkan ke tingkat lebih lanjut, beberapa berhasil dan menjadi dasar dari sistem yang kita kenal sekarang namun tak sedikit pula yang antiklimaks dan kandas di tengah jalan, mengamati kondisi saat itu persis seperti melihat pertumbuhan bayi yang sedang lucu – lucunya dan ingin tahu akan segala hal belajar, dengan metode trial and error.

Next, Tim melihat sebuah kesempatan untuk mengembangkan gagasannya itu ketika pada tahun 1985 berkembang sistem hirarki penamaan di komputer, internet atau jaringan pribadi yang disebut DNS atau Domain Name System. Salah satu hal paling revolusioner dari sistem DNS ini adalah menerjemahkan sebuah hostnames menjadi alamat protokol internet /  IP adress.

Contoh : ‘www.cukuptauaja.wordpress.com’ adalah penerjemahan dari IP 192.0.78.13

DNS layaknya buku telepon internet, bedanya DNS dapat memperbaharui diri kapan pun dengan cepat meskipun misalnya pengguna berpindah – pindah. DNS menyediakan sumber daya bagi internet untuk tugas seperti pengalamatan dan routing, simpelnya begini, pengguna tentu akan lebih senang mencari nama host serta domain yang lebih mudah diingat dibanding harus mencari via nomor – nomor atau angka dari IP adress.

Setelah proposal pertama disetujui untuk dikembangkan, pada bulan Maret 1989, Tim mengajukan proposal yang diberi nama MERSH dengan mengacu pada project ENQUIRER yang ia buat sebelumnya. Bulan November tahun berikutnya, Tim, bersama sahabat lamanya, Robert Cailliau mempublikasi sebuah proposal yang lebih bersifat formal

Desember 1990, website pertama di dunia dipublikasikan termasuk di dalamnya adalah web server, web editor dan web browser pertama di dunia.

penemu world wide web

6 Agustus 1991, Tim menerbitkan ringkasan singkat mengenai www yang kemudian ditandai sebagai debut perdana world wide web, meski demikian pengguna umum baru bisa mengaksesnya pada tanggal 23 bulan dan tahun yang sama, sejak saat itu setiap tanggal 23 Agustus diperingati sebagai “Hari Internaut”.

Tanggal 23 Agustus menjadi peringatan akan hari dimana semua orang, tidak perlu seorang ahli komputer, bisa mengakses internet dengan cara yang jauh lebih mudah.

Apa Itu World Wide Web

Sering denger www malah sering mengetikannya di browser tapi belum tau artinya, wah wah wah…

Mau ta gak? mau? oke, begini ya…

Singkatnya, www merupakan sebuah ruang informasi di internet yang digunakan untuk mengenali Uniform Resource Identifier (URI), yakni rangkaian karakter atau format yang dipakai untuk mengidentifikasi nama (URN / Uniform Resource Name) dan lokasi (URL / Uniform Resource Locator) untuk berita, sumber atau jenis layanan multimedia lainnya melalui sebuah skema sintaks yang diikuti oleh alamat tertentu di internet.

Cukup tau aja :  URN jarang digunakan pada sistem web base, contoh bagus dari urn adalah pengkodean buku dalam sistem ISBN, misalnya : ISBN 0-316-16017-2 adalah kode ISBN untuk novel Twilight seri pertama.

Kalau untuk contoh url bisa dilihat pada tab browser kalian yah

Lanjut, www dan web server atau peladen web lainnya, memungkinkan pengguna internet untuk berbagi informasi atau mencari informasi yang mereka butuhkan dari halaman web, gabungan dari beberapa halaman page atau web page ini yang kita kenal sebagai situs web / website. Dokumen maupun website satu dan lainnya, umumnya yang memiliki kesamaan tema atau referensi seringkali tersambung melalui hyperlink dalam metode hiperteks atau biasa dikenal sebagai”link” saja, aplikasinya silahkan klik pada tulisan, biasanya ditandai dengan warna font berbeda dari teks lainnya,  pada sebuah halaman website, blog, wiki dll yang akan membawa kalian ke halaman atau situs lain, misalnya INI.

Kesimpulannya, world wide web adalah kumpulan web server dari seluruh dunia yang menyediakan informasi maupun data dalam berbagai format untuk digunakan bersama. Web menjadikan kerumitan dari beragam sistem internet menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi siapa saja, hal yang membuatnya menjadi sangat populer.

Begitu populernya hingga banyak yang mengidentifikasi www sebagai internet itu sendiri meskipun sesungguhnya www hanyalah salah satu bagian paling menarik dari teknologi internet.

Atas jasanya menjadi pionir revolusi dunia maya pada 2004, penemu www ini dianugerahi gelar Ksatria oleh Ratu Elizabeth II, kini namanya menjadi Sir Timothy John Berners Lee. Selain itu Sir Tim juga tercatat sebagai “Foreign Associate” pada United States National Academy of Sciences.

Pada pembukaan Olimpiade 2012, Tim diperkenalkan sebagai “Inventor of World Wide Web di hadapan 80 ribu orang yang hadir di Olympic Stadion London, Tim secara simbolis mentweet kata “This is For Everyone” yang secara seketika langsung muncul di layar LCD raksasa stadion.

this is for everyone www london

This is for Everyone, terlalu bersahaja rasanya untuk penemuan yang mengubah muka dunia secara keseluruhan. Berkat penemuan Tim, internet menjadi lebih mudah diakses oleh miliaran orang di seluruh dunia,

termasuk kamu… iya, kamu….


Apalagi yang terjadi hari ini

1492 Kerajaan Spanyol memberi izin berlayar bagi Christopher Columbus

1786 Galaxi NGC 5566 ditemukan oleh William Herschel

1789 George Washington resmi menjabat menjadi Presiden Amerika yang pertama

1938 Bugs Bunny pertama kali muncul di TV

1945 Adolf Hittler bunuh diri di sebuah bunker bawah tanah bersama Eva Braun,  istrinya yang baru sehari dinikahinya

1980 Hari lahir Akhdiyat Duta Modjo (Duta Sheila on Seven)


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s