USSR (Uniknya Serba – serbi Senyum Rusia)

Bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah dan murah senyum, kita biasa tersenyum untuk mengekspresikan rasa gembira, senang, bahagia, kita tersenyum saat bertemu kenalan atau kerabat bahkan kepada orang tak dikenal yang berpapasan di jalan pun senyum sudah menjadi reaksi non verbal paling wajar bagi orang Indonesia untuk seolah mengatakan “nice to meet you” atau “have a nice day”.

senyuman vladimir putinSenyum juga merupakan bahasa universal yang dimengerti oleh seluruh umat manusia di muka bumi ini, senyum secara garis besar bisa diartikan sebagai tanda persahabatan atau sesuatu yang menyenangkan. Namun tak semua bangsa di dunia seekspresif kita dalam menebarkan senyuman, Rusia misalnya, masyarakat di negara yang dahulu bernama Republik Sosialis Uni Sovyet atau USSR itu dikenal sangat – sangat jarang tersenyum meski kepada orang terdekat pun.

Orang Rusia hanya tersenyum hanya bila mereka benar – benar memiliki alasan untuk melakukannya, dan sebagai bangsa yang telah memiliki reputasi sebagai bangsa yang tangguh, pemberani serta selalu menempatkan logika diatas lainnya, alasan tersebut haruslah benar – benar tepat dan masuk akal.

Budaya tersenyum bagi bangsa Rusia hanya diberikan dalam konteks ketika mereka benar – benar ingin mengekspresikan suasana hati mereka pada saat itu. Seorang ilmuwan dan peneliti terkemuka sekaligus kepala Departemen Linguistik dan Gaya Bahasa Umum dari Universitas Negeri Voronezh Rusia, Iosif Sternin pernah menulis makna simbolik mengenai senyum orang Rusia yang bisa membantu anda memahami arti senyuman dan non senyuman orang Rusia.

Arti Senyum Misterius Orang Rusia

Senyum “secukupnya”, gaya senyuman paling umum di Rusia adalah hanya menarik kedua ujung bibir keatas, atau terkadang, bila mereka benar – benar gembira atau senang dengan anda, mereka akan memperlihatkan gigi baris atas mereka, memperlihatkan seluruh gigi atas – bawah saat tersenyum justru dianggap tidak sopan, mengejek bahkan vulgar karena menyerupai cengiran seekor kuda, duh hati – hati yah.

Dalam gaya bahasa Rusia, senyum tidak selalu identik dengan kesopanan, senyum adalah signal bahwa mereka menyukai seseorang. Tersenyum terus menerus kepada orang Rusia tanpa alasan jelas justru bisa diartikan sebagai “sebuah basa basi, tanda akan ketidak tulusan dan keengganan untuk mengungkapkan perasaan sesungguhnya”, berabe juga yah.

Seperti telah diterangkan diatas, orang Rusia hanya tersenyum bila memerka memiliki alasan yang jelas untuk tersenyum, bila sobat coba – coba tersenyum pada mereka tanpa ada alasan yang (menurut mereka) masuk akal dan semua orang terutama mereka yang menjadi tujuan senyum anda itu haruslah mengerti alasan tersebut, kalau tidak bisa jadi mereka justru mengira anda punya alasan lain dibalik senyuman itu alias ada udang di balik batu, repot juga kalau begitu yah.

senyuman wanita rusia

Kalau gadis Rusia tersenyum seperti ini, berbahagialah kalian

Tidak seperti orang Indonesia yang secara naluriah akan membalas senyum ketika ada seseorang yang tersenyum pada mereka hal ini tidak berlaku pada orang Rusia. Masyarakat Rusia tidak secara otomatis membalas setiap senyuman yang ditujukan pada mereka, bila sobat CTA membalas senyuman dari orang Rusia hal itu bisa dianggap signal respon atau undangan untuk berkenalan lebih jauh atau memulai obrolan lebih lanjut, hmmm….

Masyarakat Rusia tidak terbiasa untuk tersenyum kepada orang asing atau orang yang baru dikenalnya, jadi jangan tersinggung bila suatu saat sobat CTA berada di Rusia dan dilayani oleh petugas hotel, pelayan restoran atau penjual buah tanpa mereka memberikan sedikit pun senyuman.

Hal ini juga berlaku ketika anda sedang berbisnis atau mengerjakan sesuatu hal yang serius bersama orang Rusia, tersenyum justru akan memperlihatkan ketidak seriusan terhadap pekerjaan dan itu tidak bisa diterima. Bahkan anak – anak pun sudah dididik dengan hal ini, bila seorang anak tersenyum saat guru menerangkan pelajaran akan sangat mungkin sang guru menghardik dan berkata “kenapa kau senyam senyum? ayo belajar”.

anak rusia tersenyum

Lebih gawat lagi misalnya kalau sobat tersenyum atau senyam senyum sendiri saat berada di tengah kondisi yang serius, saat bertemu orang yang tengah dirundung permasalahan pribadi atau saat menjenguk orang sakit, wuiih itu “bunuh diri” namanya.

Senyum akan sangat memiliki arti bila ditujukan pada orang yang benar – benar dekat dengan mereka atau dengan kata lain yang mereka sayangi. Senyum yang ditujukan pada orang yang baru dikenal bisa menimbulkan reaksi seperti “Siapa Lo….”

Bagi orang Rusia batas antara tersenyum dengan tertawa sangatlah tipis, pada praktik sehari – hari kedua aktifitas tersebut bisa diartikan sama, jadi jangan heran ketika orang Rusia bertanya pada anda ketika anda tersenyum “Apanya yang lucu?”

Walaupun senyum merupakan hal yang mahal bagi orang Rusia namun bukan berarti mereka menjadi pelit senyum, oke mungkin frekuensi tersenyum masyarakat di negaranya Rasputin itu lebih sedikit dibanding bangsa lain namun hal itu tidak menjadikan mereka pelit senyum.

Justru karena alasan itulah orang Rusia menjadi lebih tulus dan jujur dalam memberikan senyuman, sebuah senyum merupakan hal yang amat sakral dan hanya diberikan pada orang yang pantas atau pada konteks yang benar – benar sesuai dengan isi hati mereka.

Seperti mereka selalu bilang, “maaf, tak ada senyum plastik di Rusia, semua senyum kami merupakan genuine smile alias senyum yang tulus”, jadi ketika orang Rusia tersenyum pada anda, yakinlah bahwa memang hal itulah yang ingin mereka lakukan.

Tau Ga Lo

Walaupun dalam keseharian tidak terlalu sering tersenyum, namun masyarakat Rusia memiliki satu hari penuh yang di dedikasikan untuk menebarkan senyuman sepanjang hari. Ya sepanjang hari karena mereka akan bergembira, tertawa dan tersenyum pada siapa saja yang mereka jumpai tanpa pandang apakah mereka mengenal orang tersebut atau tidak.

Hari itu adalah tanggal 9 Mei dirayakan sebagai Hari Kemenangan untuk merayakan kemenangan Rusia atas Jerman pada Perang Dunia ke II. Hari itu jutaan warga Rusia akan turun ke jalan bersuka ria, semua jalan protokol akan ditutup bagi kendaraan umum, semua gedung dan fasilitas umum seperti bus atau trem akan dihias seindah mungkin.

Para veteran perang (kalau masih hidup) akan menjadi bintang utamanya, mereka dengan bangga akan mengenakan pakaian semasa masih berdinasi di militer lengkap dengan beragam tanda pangkat, bintang serta simbol jasanya.

Siang pada bulan Mei di Rusia sangatlah panjang karena pada bulan itu matahari baru terbenam pada pukul 21.00, setelah hari mulai gelap warga Rusia kemudian akan meluncurkan kembang api yang sangat megah.

Melihat bagaimana masyarakat Rusia merayakan hari penting mereka jelas sudah bahwa dibalik simbol kemisteriusan, disiplin tinggi, kekerasan tekad serta kekuatan hati orang Rusia yang sudah sangat terkenal itu, mereka juga tahu cara bersenang – senang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s