Eksistensi Radio Di Era Digital Video

Di era hiburan dengan format video digital begitu masif seperti saat ini, penikmat radio ternyata tak berkurang jumlahnya. Beberapa radio populer terus eksis dan bahkan meraih jumlah pendengar yang semakin besar, radio yang telah populer bukan hanya mengandalkan pendengar loyal mereka namun juga mampu meraih pendengar baru dari kalangan generasi yang lebih muda.

Tentunya ada beberapa kiat yang dilakukan demi terus bertahan di tengah persaingan industri broadcast dan entertainment yang semakin ketat terutama untuk mengimbangi selera pasar, trend maupun teknologi yang terus berkembang pesat agar tidak tergilas oleh kemajuan zaman.

Radio memiliki basis penggemar atau penikmat dengan karakteristik yang lebih spesifik, para pendengar radio umumnya loyal atau setia terhadap radio kesayangan mereka, hal itu karena keakraban yang dibina oleh para pengelola radi tersebut melalui beragam program – program andalannya masing – masing.

Keunggulan dari program atau siaran radio adalah kemampuannya untuk menjalin keakraban dengan penggemarnya melalui interaksi antara penyiar dengan para pendengar, disinilah kemampuan dari seorang penyiar radio diuji, berbeda dengan presenter atau anchor televisi yang bisa dilihat secara visual oleh para pemirsanya, penyiar radio benar – benar mengandalkan kemampuan komunikasi verbal mereka menyentuh langsung para pendengarnya.

Beberapa radio populer juga memilih untuk memfokuskan siaran mereka pada segmen tertentu secara spesifik, karena itu kita sering mendengar radio khusus anak muda, radio dangdut dan lain sebagainya. Dengan menentukan segmentasi pendengarnya mereka kemudian mengembangkannya dengan menciptakan program menarik yang masih berkaitan dengan segmen tema mereka.

Keunggulan lain dari radio adalah dapat menyampaikan informasi dan melaporkan perkembangan sebuah berita secara up to date dan lebih cepat diterima oleh pendengarnya. Siaran radio juga bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja, publik bisa mendengarkan siaran radio kesayangan mereka sembari melakukan aktifitas lain seperti mengendarai kendaraan, saat berolahraga atau sambila melakukan pekerjaan kantor.

Karena keunggulanya tersebut radio juga dimanfaatkan oleh sejumlah instansi sebagai media untuk menyampaikan informasi penting dan up to date. Tak jarang beberapa instansi tersebut menjalin kerjasama dengan sejumlah radio daerah untuk menyiarkan acara khusus yang memberitakan program kerja mereka.

Satu pemikiran pada “Eksistensi Radio Di Era Digital Video

  1. Ping balik: Cortana, Aspri Cantik Dan Pintar Dari Microsoft – Cukup Tau Aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s