Cortana, Aspri Cantik Dan Pintar Dari Microsoft

cara aktivasi cortana

Tak mau kalah dengan dua “musuh abadinya” yakni Apple dan Google yang telah memiliki Siri dan Google Now, maka Microsoft memperkenalkan fitur personal asisten mereka yang diberi nama Cortana. Aspri canggih nan sexy ini menjadi default fitur pada serie Windows 10 untuk PC, Tablet maupun Smartphone.

Kegunaan dari Virtual Personal Assistant ini sangat banyak dan dapat memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan seperti melakukan pencarian pada search engine internet, memutar file video digital atau musik, GPS dan map, menjalankan atau menonaktifkan program tertentu di komputer dan masih banyak lagi hal menarik lainnya yang bisa dilakukan oleh si cantik ini melalui perintah suara atau voice command, artinya user bisa melakukan perintah dari jarak jauh tanpa melakukan kontak fisik, namun tentunya fitur Mic harus tersedia pada PC kalian.

Cara Mengaktifkan Dan Menggunakan Cortana

Sayang seribu sayang fasilitas ini hanya avaliable untuk beberapa negara saja dan negeri kita tercinta (saat tulisan ini dimuat – Red) tidak atau belum termasuk di dalam negara yang bisa mengoperasikannya, lebih tepatnya Cortana baru bisa digunakan pada beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris (termasuk Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Australia), China, Italia, Jerman, Portugal, China, Spanyol, India serta Prancis.

Jadi pada maklum ya kalau Cortana ini cuma mau dengarkan perintah dengan bahasa – bahasa diatas, totalnya ada 190 negara yang memakai bahasa – bahasa tersebut. Dan pintarnya lagi si aspri cantik ini bisa menerjemahkan aksen bahasa tersebut secara spesifik misalnya aksen Inggris – American yang pastinya beda dengan aksen atau pengucapan kata dari Inggris aslinya yang biasa disebut English British, sedangkan untuk versi China nya Cortana memakai bahasa Mandarin Chinesse.

Yaaah… Trus gimana dong? Jangan buru – buru cemberut gitu, setiap masalah pasti ada solusinya iya gak, begitu pula untuk urusan “mengakali” fitur Windows ini yang belum tersedia di Indonesia. Mau tau caranya? oke, kita kasih tau deh, tapi janjii yaa kalau udah tau ya cukup tau aja, ga usah bilang siapa – siapa, deal.. okesip, lanjut yah….

Caranya gini nih, biar si Cortana mau nurut sama kita, pertama – tama doi harus ngerti dulu doong bahasa kita supaya bisa menerjemahkan perintah kita dengan benar. Untuk itu pertama – tama kita harus merubah setingan PC kita ke setingan negara yang di support oleh Cortana.

Pertama kita harus rubah Location dari PC kita caranya  klik icon windows yang ada di kiri bawah tampilan monitor trus pilih opsi Setting atau tekan tombol Windows+I pada keyboard. Pada tab yang muncul pilih lagi opsi Time & Languange lalu gant kolom negara dengan negara yang di support oleh Cortana, misalnya United States dan pastikan menu bahasa juga sesuai yakni English (United States).

Cortana setting language

Kalau sudah silahkan ketikkan Cortana pada kolom pencarian Windows dan klik pada Cortana & Settings untuk memastikan Cortana sudah dalam keadaan aktif, penting : semua opsi harus dalam posisi On, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

aktivasi cortana windows 10

Akan muncul pop up baru mengenai kebijakan provasi serta penggunaan dari Cortana, bila sobat sudah yakin ingin menggunakan aplikasi ini silahkan klik pada tab I Agree.

cortana activation windows

Nah fitur Cortana sudah aktif dan siap menjalankan perintah kalian, untuk mengetesnya coba ucapkan “Hey Cortana” apabila si aspri ini langsung merespons berarti doi sudah siap digunakan.

Ingat ya, Cortana adalah asisten pintar dan terpelajar, maka dia Cuma mau menerima perintah yang diucapkan dengan benar dan telah diprogramkan, misalnya kalian ingin membuka file musik maka perintahnya seharusnya adalah

“Hey Cortana, Play Music”

Bila perintah tidak diucapkan sesuai yang diprogramkan maka secara default si cantik Cortana akan membuka pencarian pada search engine Bing. Untuk melihat daftar program perintah Cortana silahkan kunjungi web ini :

windows.wonderhowto dot com lalu pergi ke halaman how-to/ultimate-guide-using-cortana-voice-commands-windows-10-0163095/

Ingat selalu ucapkan “Hey Cortana” sebelum melakukan perintah agar aspri anda mengerti perintah tersebut memang ditujukan pada dirinya, oke selamat mencoba

Satu pemikiran pada “Cortana, Aspri Cantik Dan Pintar Dari Microsoft

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s